situs iklan klik

Tuesday, May 7, 2013

MENCIPTAKAN KARAOKE ROOM PADA PC/LAPTOP

Sudah lama saya ga hang out ke Plasa Semanggi untuk menemukan bakat terpendam yaitu menjadi penyanyi. Beberapa kali karaokean disanah, bakat yang terpendam itupun tak tergali juga. Hal hasil cape iya, dan uang teman kantor yang sudah mentraktir sia-sia. Nah, karena saya penasaran dan ingin terus mencari apakah bakat saya menjadi seorang penyanyi beneran atau memang kodratnya hanya penyanyi kamar mandi, akhirnya saya berinisiatif menciptakan ruangan karaoke sendiri yaitu pada laptop tercinta dan juga bisa dibuat di pc. Lebih hemat dan lebih bisa santai itu tujuan menciptakan ruang karaoke sendiri. Modalnya tak cukup uang banyak, hanya dibutuhkan koneksi internet untuk men-download bahan-bahan pembuat karaoke tersebut. Tertarik tentunya kan? Mari Yuk terus baca

Beberapa bahan atau software yang dibutuhkan ketika membuat ruangan karaoke sendiri diantaranya: 1. Laptop/pc. 2. Kamara sendiri, karena agar kenyamanan teman ketika berkaraoke ria tidak menganggu orang yang sedang sakit gigi. 3 Ini yang penting: lagu-lagu karaoke, berarti lagu tanpa vokal karena vokalnya kan mau kita pake dengan vokal bagus kita. 4. Software-software pembuat lagu karaoke. Lebih enak kan kalau kita bisa menjadikan lagu yang ada di laptop kita menjadi lagu-lagu karaoke. Nah software-software tersebut tidak terlalu besar ukurannya, dan yang terpenting mudah untuk digunakan. Sebelumnya teman-teman undo/download dulu software-software berikut ini: vocal remover audacity dan goldWave, maaf untuk goldWave teman bisa cari di google ya!
Setelah ketiga software diatas sudah di undo/download, ikut langkah berikut ini ya? 1. Menggunakan vocal remover: install terlebih dahulu vocal remover tentunya harus ada winamp ya pada laptop/pc teman. Kemudian jalankan winamp, lalu masuk ke winamp preferences shortCut: ctrl+P cari dsp/plugin-output. Jika vocal remover sudah terinstall, winamp akan membaca analogue vocal remover. naikan nilainya yang tertera 0 keatas sampai vocal pada lagu hampir hilang. Jika lagu terdengar vocalnya hampir hilang, nah mulai deh gunakan mic teman untuk bernyanyi ria, mudah bukan?
2. Cara mengunakan audacity untuk membuat lagu: kalau sebelumnya kita menggunakan vocal analogue plugin vocal remover lagu hanya bisa berjalan pada winamp dan tidak bisa kita simpan, kalau pada Audacity lagu yang sudah kita jadikan lagu karaoke bisa kita simpan sehingga sewaktu-waktu kita ingin berkaraoke lagi tidak perlu buat lagi. Kalau teman sudah men-download Audacity yang berikan link-nya diatas, teman cukup men-extrack saja file audacity tersebut. File yang sudah di extrack tak perlu diinstall karena file tersebut dapat berjalan tanpa harus diinstall. Klik file audacity.exe kemudian program akan berjalan. Buka lagu yang teman ingin jadikan karaoke melalui menu file, open atau menu file, import. setelah lagu sudah teman dapatkan, coba terlebih dahulu jalankan dengan menekan play, shorCut space Jika lagu berjalan dengan baik dan tidak mengalami kerusakan langsung saja ikuti langkah berikut ini namun dimatikan saja terlebih dahulu lagu yang tadi teman jalankan dengan menekan stop atau tekan space kembali. Berikutnya masuk ke menu effect lalu cari vocal remover for center panned vocals. Klik item tersebut, lalu didalamnya akan ada pilihan seperti: simple (entire spectrum), frequency band, dan retain frequency band. pilih saja salah 1 boleh di coba-coba dan memang perlu di coba-coba untuk memperoleh hasil yang menurut teman lebih bagus. terdapat kotak yang memerintahkan teman untuk memasukan nilai frequency dari 0-20000, silahkan teman masukan sesuai kebutuhan. Catatan: lagu yang ingin dihilangkan vocalnya harus dengan ukuran yang besar dan bukan kompresan agar hasilnya setelah di hilangkan vocalnya masih baik mutunya. Nah setelah lagu jadi silahkan simpan terserah dalam bentuk wav, atau mp3, cuma untuk menyimpan ke dalam bentuk mp3 teman perlu meng-install software ini juga: lame mp3 for windows
3. Yang terakhir saya akan menerangkan bagaimana cara menggunakan GoldWave untuk membuat lagu karaoke. Langkahnya tak jauh berbeda dengan audacity, masuk terlbih dahulu ke program goldWave, cari lagu yang mau dijaikan lagu karaoke, tes terlebih dahulu lagunya dengan play dan matikan dengan stop. setelah lagu terdengar baik kemudian masuk ke menu effect, sterio submenu, klik pada reduce vocal. disini berbeda, kalau pada audacity terdapat 3 item pada vocal remover for center panned vocals, pada reduce vocal di GoldWave lebih dari 3 diantaranya: default, full stereo, stereo with extra stereo, dsb bisa teman liat sendir nanti. Nah pada GoldWave juga lagu yang telah kita buat menjadi lagu karaoke bisa disimpan.

Demikian langkah hemat yang saya share untuk mencari bakat terpendam kita sekaligus menciptakan koleksi lagu karaoke sendir. Sekarang ambil mic dan mari kita bernyanyi bersama yuk! LA, LALALALA..

9 comments:

  1. mantap mas bro...
    tapi setting agar laptop bisa jadi karaoke gak ada mas bro? tolong di update, control panel trus sound gt. trus yg penting lagi harus ada micnya. hehe

    ReplyDelete
  2. Buka Control Panel
    Pilih Hardware and Sound
    Pilih dan klik Sound
    Pilih Recording
    Double Click pada gambar Michrophone
    Pilih menu Listen
    Beri Ceklist pada Listen to this device
    Klik ok.

    ReplyDelete
  3. kalau tempat karoke dangdut online dmn ya gan

    ReplyDelete
  4. IZIN SHARE GAN?
    MAU CEPAT DAPATKAN APLIKASI KARAOKE TERBARU 2015 (DZONE EXTREME 8 PRO) SILAHKAN BUKA LINK DIBAWAH INI :

    http://comelmuewa.blogspot.com/2015/09/dzone-xtreme-8-pro-with-serial-number.html

    ReplyDelete
  5. IZIN SHARE GAN?
    MAU CEPAT DAPATKAN APLIKASI KARAOKE TERBARU 2015 (DZONE EXTREME 8 PRO) SILAHKAN BUKA LINK DIBAWAH INI :

    http://comelmuewa.blogspot.com/2015/09/dzone-xtreme-8-pro-with-serial-number.html

    ReplyDelete
  6. Ettdah.. Lucu juga gan ceritanya :D

    ReplyDelete
  7. ide yang bagus, jika ingin ide lain boleh berkunjung juga disini: http://soundlab.co.id atau langsung http://soundlab.co.id/blog

    ReplyDelete

please your messege!comment please!